News
process...

Antisipa Leilau Prado Iha Futuru ||FITO CELE


Lospalos News- Atu halakon ka antisipa hahalok lelaun prado iha futuru, karik konsepto ka hakerek iha karaik ne bele sai solusaun (FITO CELE)


Demokrasi ala Chavez, (socialisme abad ke duapuluh satu)

Berdasarkan prespektif Abraham Lincoln tentang Demokrasi, dari Rakyat, untuk Rakyat, oleh Rakyat...!!!

Maka hanya bisa di praktekan oleh Demokrasi ala Hugo Chavez yaitu:
Harus ada perubahan sistem dari Demokrasi perwakila ke Demokrasi berdelegasi.

Chavez menerangkan 
Sistem Demokrasi perwakilan akan hanya menciptakan kelas Borjuasi dimana orang orang yang terpilih menjadi perwakilan rakyat, yang tampa dikenal baik oleh pemilh, akan mengatasnamakan rakyat dan kepentingan rakyat pemilih menjadi distorsi dan kehilangan keaslianya.

Dmokrasi perwakilan borjuis ini sekedar satu bentuk perwakilan politik, sekedar sistem pemilihan umum. Ini menjadi satu tindakan tunggal pemberian suara setiap empat atau lima tahun sekali.

Ini juga sebagai Demokrasi lima menit dimana warga negara memasukan surat suara dikotak suara setiap beberapa tahun sekali dan kemudian tidak pernah mendengar lagi dari wakil yang telah mereka beri suara.

Demokrasi Berdelegasi
Berbeda dengan sistem perwakilan dan Demokrasi formal, Delegasi (utusan) eklusif ditempat tempat dimana mereka tinggal atau bekerja, dan setiap orang berpotensi menjadi delegasi atau juru bicara.

Secara lansung berhubungan dengan organisasi basis.
Karena semua delegasi adalah bagian dari organisasi organisasi masyarakat basis atau komunitas yang terorganisir, mereka memiliki pengalaman lansung mengenai persoalan persoalan komunitas atau tempat kerja mereka.
Berbeda dengan wakil wakil politik profesional, mereka secara lansung berkaitan dengan organisasi organisasi basis yang memilih mereka, dan organisasi itu harus mengawasi dan mengarahkan kerja mereka, mencegah mereka menjadi terbirokratisasi dan terpisah dari akar mereka.

Hakerek Nain : Fito Cele
Editor : Z-ray

Share to Google Plus share to whatsapp

About Lospalos News

Lospalos News hanesan media ida ne'ebe eziste hosi ema Lospalos atu transmite informasaun sosial ba publiku no laiha interese ba kualker aspeitu ne'ebe iha relasaun ho osan. informasaun ne'ebe Lospalos News publika mai hosi fontes barak, ho intensaun atu publika tutan ba ema hotu ne'ebe presiza.
comments

0 komentar :

Post a Comment

Komentariu lao ho Etika